Mengenai Saya

Foto saya
Denpasar, BALI, Indonesia

Minggu, 06 Juni 2010

Radio Over IP (ROIP)


Definisi Radio Internet

Radio internet (juga dikenal sebagai web radio, net radio, streaming radio atau e-radio) adalah layanan siaran audio yang ditransmisikan lewat internet. Siaran audio dalam internet biasanya dihubungkan sebagai webcasting karena tidak ditransmisikan dengan tanpa kabel (wireless). Radio internet mencampur media streaming yang ditujukan kepada pendengar dengan aliran yang kontinu.
Beberapa keunggulan dari radio internet adalah :
  1. Radio internet mencari dan memilih siaran berdasarkan karakteristik negara, bahasa yang digunakan, jenis radio, dan sebagainya dengan cepat dan sesuai dengan yang diinginkan.
  2. Dapat menyimpannya dalam bookmark atau shortlist, dan tinggal mengklik untuk memutarnya. Komputer membantu mengelola bookmark dan shortlist.
  3. Radio konvensional memiliki keterbatasan geografis. Siaran yang disajikan hanya dapat dinikmati dalam wilayah yang kecil, baik kecamatan maupun kabupaten/kotamadya. Ini berbeda dengan radio internet yang begitu dibroadcast, seluruh dunia akan mendengarkan siaran radio.
  4. Investasi relatif lebih murah, baik investasi awal, operasional maupun maintenace.
  5. Kualitas suara yang tidak kalah dengan kualitas suara pada radio konvensional.
  6. Setting hardware/alat maupun software lebih mudah dan sederhana.
  7. Tidak memerlukan ijin khusus untuk membuatnya.

Cara Kerja ROIP

Cara paling umum dalam distribusi radio internet adalah lewat teknologi streaming menggunakan lossy audio codec. Format streaming audio yang paling popular terdiri dari Mp3, Ogg Vorbis, Windows Media Audio, Real Audio dan HE-AAC (beberapa menyebutnya aac+). Bit-bit audio tersebut ditransformasi melalui network dalam TCP atau paket UDP, lalu disusun ulang dan dimainkan tak lebih dari sedetik. (Delay menyangkut waktu yang tertinggal/lag time).

Tidak ada komentar: