Mengenai Saya

Foto saya
Denpasar, BALI, Indonesia

Minggu, 11 April 2010

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

PENGETIAN

Manajemen adalah ilmu yang mempelajari upaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien dengan bantuan sejumlah sumber

Manajemen adalah pengorganisasi suatu usaha disertai pengawasan terhadapnya untuk mencapai tujuan tertentu.

Manajemen merupakan kekuatan untuk menjalankan perusahaan dan bertanggung jawab dalam kesuksesan.

Manajemen adalah tindakan memikirkan dan mencapai hasil-hasil yang diinginkan memlalui usaha kelompok yang tertidri dari tindakan mendaya gunakan bakat/ sumber daya manusia

Kesimpulan:

George R. Terry

Manajemen merupakn sebuah proses yang khas terdiri dari tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian penggiatan dan pengawasan dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lainnya

Manajemen ada 2 pengertian

  1. Manajemen timur (manajemen jepang), menitik beratkan manusia kepada pekerjaan yang bekerja berat hanya mendapatkan gaji pokok saja.
    rata-rata menejemen timur gajinya tidak dibayar, kerjanya ful.
  2. Manajemen barat, menitik berat manusia seutuhnya. Semua haknya diberikan oleh pemerintah

Manajemen

- perencanaan

- pengorganisasian

- pengkegiatan

- pengawasan

sejarah

1911 Fredrick W. tailor

The Prinsip of manajenen

Menganalisa kegiatan para pekerja menangani mesin-mesin

  1. kerugian besar terhadap Negara Karena tidak ada efisiensi dalam hamper bisa setiap hari
  2. untuk menghilangkan ketiadaan efisiensi terletak pada manajemen yang sistematik bukan berusahan mencari kejanggalan/ keistimewaan pada seseorang
  3. untuk membuktikan bahwa manajemen adalah ilmu murni diterapakan lah pada semua jenis kegiatan manusia mulai kegiatan manusia yang paling sederhanan hingga yang paling besar

Bapak Manajemen Modern adalah Henri Fayol (industri pertambangan di prancis)

Beliau mengungkapkan beberapa factor dari struktur kualitas pegawai

  1. Fisik, sehat
  2. mental, mampu belajar mengeti dapat menyesuaikan diri
  3. moral kuat teguh
  4. pendidikan umum( pengetahuan umum tentang hal-hal diluar pekerjaan)
  5. pendidikan khusus sesuai dengan pekerjaan
  6. pengalaman

fungsi manajemen:

  1. perencanaan
  2. pengorganisasian
  3. pengisian jabatan
  4. pengarahan
  5. pengawasan

mencatat 14 prinsip manajemen

  1. pembagian tugas
  2. wewenang dan tanggung jawab
  3. disipilim
  4. kesatuan perintah
  5. kesatuan pengarahan
  6. pengutamaan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi
  7. kajian pegawai
  8. pemusata wewenang
  9. kepangkatan
  10. ketertiban
  11. keadilan
  12. stabilitas masa jabaatan
  13. prakarsa
  14. jiwa korp

sistemik dampaknya menyeluruh

Sumber Daya yang dimaksud adalah:

  1. Man = Manusia
  2. Material
  3. Machine
  4. metode
  5. Money
  6. Paket pasar

Perencanaan

Perencanaan meliputi tindakakan memilih menghubungkan fakta-fakta seta membuat dan menggunakan asumsi mengenai masa yang akan dating dalam hal menvisuallisasikan dan merumuskan aktifitas-aktifitas yang diusulkan yang dianggap perlu untuk mencapai aspirasi yang diinginkan.

Perencanaan ada 2

  1. strategis (admisnistratif) adalah proses memutuskan tentang tujuan yang dicapai organisasi, perubahan, dalam tujuan tersebut, sumber- untuk tujuan tersebut dan mengenai kebijaksanaan untuk menentukan pengadaan dan penggunaan serta penempatan sumber- tersebut
  2. Takdis (komperatif/rutin) adalah biasanya dirancang dalam jangka waktu menurut jangka panjang. Raph Curtis dan Alan C. mengatakan perencanaan yang baik harus memiliki 6 unsur
    1. Objectif
    2. Logis jelas dan sederhana
    3. Dapat dikontrol
    4. Kenyal (flesibel)
    5. Mapan
    6. Lengkap dan terpadu

Rudyard Kipling

Mengatakna bahwa perencanaan akn lengkap apabila memenuhi Six serving Men atau

(5 W + 1 H)

What …?(kegiatan apa yang dilakukan)

Who( siapa yang akan melaksanakan kegiatna)

Why (mengapa kegiatan itu dilancarakan)

When (kapan kegiatan itu akan dilakukan)

Where (dimana kegiatan itu dilakukan)

How (bagaimana melaksanakan kegiatan tersebut)

Pengawasan

Adalah proses pengecekan rencana dan meluruskan penyimpangan dari arah yang telah direncanakan.

Ada 8 fungsi pengawasan:

  1. perencanaan rutin
  2. penjadwalan
  3. persiapan
  4. penggambaran
  5. pengaranahan
  6. pemeriksaan
  7. pembandingan
  8. pembetulan

Peranan Manajer

Ada 3 peranan seorang manajer

  1. peranan antar personal
  2. Perana informasional (monitor, juru bicara, )
  3. Peranan memutuskan(sebagai perunding, penngendalikan, wirasuasta)

SISTEM

Pengertian

· Definisi dari ludwid Von Bertanffy ia menyatakan system merupakan seperangkat unsure-unsur yang berkaitan dengan ada lkantor relasi diantara unsure-unsur tersebut dengan hitungan

· Anator Rapoport menyatakan

· L. Ackot menyatakan System adalah setiap kesatuan secra konseptual atau phisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling kertergantungan satu sama lain.

· Jhon A. B menyatakan system adalah kumpulan system-sistem yang bwerinteraksi

· Gordon B Davis menyatakan system adalah merupakan suatu perangkat unsure-unsur yang dirakit secara sembarangan tetapi terdiri dari unsure-unsur yang dapat di identifikasi secara bersamaan yang menyatu disebabka tujuan atau sasaran yang sama

Menyatakan system ada 2

§ System abstrak adalah suatus system atau susunan yang teratur dari gagasan atau konsepsi yang saling bergantung satu sama lain
contoh: Sistem tiologi (ilmu tentang ketuhanan)

§ Sistem fisik adalah seperangkat unsure yang bersama-sama melakukan kegiatan untuk melakukan suatu tujuan

Sistem Fisik

Deskripsi

Sistem peredaran Darah

Hati dan pembuluh darah yang mengalirkan darah keseluruh tubuh

Sistem transportasi

Personalia, mesin, dan organisasi yang mengatur barang

Sistem senjata

Perlatan tata cara dan personalia yang memungkinkan digunakannya senjata

Sistem Sekolah

Bangunan, guru, pegawai administrasi buku pegangan dan lain-lain berfungsi memberikan pelajaran kepada murid.

Sistem Komputer

Peralatan yang sama-sama berfungsi melaksanakan proses computer

Sistem Akutansi

Catatan, peraturan, tatacara, peralatan, dan personalia yang beroprasi mencatatan data, mengukur pendapatan dan mempersiapkan laporan.

- Wiliam shored ada 6 ciri system

  1. Prilaku berdasarkan tujuan tertentu
  2. Keseluruhan
  3. Keterbukaan
  4. Tranformasi
  5. Antah Hubungan
  6. Mekanisme Kontrol

Model Umum system

Input ---- Processing dan ---- Output

Sistem

Batas

Manusia

Kulit, rambut, kuku, dan semua bagian yang tercakup didalm membentuk system. Segala yang berada di luar adalah lingkungan

Mobil

Badan Mobil beserta roda-rodanya dan seluruh bagiannya yang terdapat didalamnya membentuk system

Produksi

Mesin-mesin produksi persediaan produksi kelangsungan kerja, para pelaksana produksi, tata cara produksi, dan lain-lain membentuks sistem

MACAM-MACAM SISTEM

Gordon B Davis

Ada beberapa system

  1. Sistem abstrak dan system fisik adalah susunan yang teratur dari gagasan yang sama yang satu sama lain berada dalam ketergantungan dalah suatu perangkat unsure yang secara bersama-sama beruperasi untuk mencapai suatu tujuan
  2. Sistem determanistik dan probilistik
    system detemanistik adalah system dalam opersinya dapat menentukan hasil secara pasti. Contoh program computer. System probalistik adalah system yang dalam operasinya tidak dapat diduga hasilnya secara pasti . contoh sebuah koorporasi
  3. Sistem tertutup dan system terbuka
    system tertutup adalah Sistem tertutup adalah system dimana tidak terjadi perputaran bahan, informasi / energi dengan lingkungan. Contoh: computer
    System terbuka adalah system yang memungkinkan terjadinya pertukaran bahan atau energi dengan lingkungan contoh: system manusia.

Sorang perencana system relative memilih system tertutup karena selalu menunjukkan hal yang tepat

Sistem Informasi Manajemen

Informasi adalah data yang telah dip roses ke dalam suatu bentuk yng mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata yang berasal dari keputsan saat itu atau keputusan mendatang

Data adalah bahan mentah untuk dijadikan Informasi

Drs. Joh J longkotoy

Pengenalan Komputer. Data artinya fakta /bagian dari fakta yang mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan simbul-simbul, gambar-gambar, kata–kata, huruf-huruf / simbul-simbul yang meunjukankan suatu ide objek kondisi/ situasi dll yang menimbulkan suatu produk

Menibulkan suatu proses terjadinya informasi

  1. pengembangan
  2. perkiraan
  3. pertimbangan
  4. keputusan

Klasifikasi data

Data diklasifikasika menurut jenis, sifat dan sumbernya

Jenis data ada 2

  1. Data Hitung adalah sebagai hasil perhitungan atau jumlah tertentu
    contoh persentase dari jumlah tertentu
  2. Data Ukur adalah data yang menunjukkan ukuran mengenai nilai sesuatu
    contoh: Jangka, barometer,

Sifat data

  1. Data Kuantitatif adalah data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan penjumlahan.
  2. Data Kualitatif adalah data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan kualitas atau sifat tertentu

Sumber data

  1. Data Internal adalah data yang asli artinya hasil obsevasi dari diri sendiri
  2. Data eksterna adalah hasil observasi dari orang lain
    1. Eksternal Primer adalah data dalam bentuk ucapan lisan atau tulisan dari pemiliknya sendiri
    2. Eksternal Skunder adalah data yang diperoleh dari bukan dari orang yang melakukan observasi melalinkan dari seseorang/orang lain

Tipe Data

Menurut Dr. Marseto Donosepoetro, dalam bukunya berjudul Data sebagai penghubung manusia dengan lingkungan hidupnya melainkan menyatakan suatu data akan bernilai jika memmenuhi 3 ketentuan

  1. ketelitiannya baik
  2. data dapat dibandingkan
  3. data harus berguana untuk tujuannya sendiri

Informasi adalah data yang telah diproses kedalam suatu bentuk mempunyai arti bagi peneriama

Dr. RJ Beishon

Bahwa informasi di presentasikan lebih luas dar pada sebelumnya yang mencakup isyarat dan data yang diterima seseorang manajer sehari-harinya, apakah yang berhubungan dengan kerja atau tidak, pendekatan seperti ini memakai ekspresi wajah atau gerak isyarat sebagai informasi, demikian pula hal-hal sedemikian jelek seperti memo dan pesan melalui memo.

Pesan yang disampaikan melalui memo atau Hp disebut dengan informasi.

Rudy Brezrt

Menyatakan Informasi adalah apa yang dipahami.

Contoh: asap keluar artinya terjadi kebekaran = merupakan informasi

Pesan informasi dari pengirim pesan yang disampaikan kepada penerima pesan.

Informasi Pada Tahap-Tahap Manajemen

  1. Informasi Untuk perencanaan
    Informasi ini diperlukan untuk mengetahui beberapa hal
    1. Sumber yang diperlukaan bagi pelaksanaan, dana ,tenaga alat dan keahlian
    2. Fasilitas untuk melaksanakan sumber tersebut diatas
    3. Nilai/ukuran dari masing-masing sumber untuk menyelesaikan suatu aktifitas
    4. Ramalan terhadap hasil dari penggunaan sumber
    5. Motifasi pada pekerja yang akan melakasanakan kegiatan tersebut
  2. Informasi Untuk pengiatan (pelaksanaan rencana) titik berat untuk informasi terletak pada:
    1. Kecermatan dari isi yang dikandung
    2. Ketepatan waktu dalam penerimaan dan penyampaian
  3. Informasi Untuk Pengawasan
    fungsi pengawasan mencakup pada manajer, dalam tahap pengawasan harus mencakup
    1. Mencatat dan menunjukan hal-hal yang sedang berlangsung menurut jadwal pelaksanaan
    2. Mencatat bagaimana pelaksanaan jadwal itu diimplementasikan
    3. Melaporkan jika jadwal / implementasinya menyimpang dari rencana yang ditetapkan pada tahap perencanaan

Kelemahan pada informasi ini terjadi karena dari bawahan ke atasan

Jenis-Jenis Informasi

Dibagi 3

  1. Informasi berdasarkan pesyaratan
    1. Informasi yang tepat waktunya
    2. Informasi yang relevan
    3. Informasi yang bernilai
    4. Informasi yang dapat dipercaya
  2. Informasi berdasarkan Dimensi waktu
    1. Informasi masa lalu
    2. Informasi masa sekarang
  3. Informasi berdasarkan Sasaran
    1. Informasi Individual
    2. Informasi Komunitas

KOMUNIKASI

Harold Lasswell

Mempunnyai rumus yang dikenal dengan nama

“Who Says What in Which Channel To Whom Whit What Effect”

Komunikasi adalah Proses penyampaian dan penyebaran Informasi.

Pertanyaan Jawaban

1. Siapa (who) Komunikator (Siden, soce

2. Mengatakan Apa Pesan

3. Chanal (melalui saluran apa) Media (Channal)

4. Kepada Siapa Komunikan (Resipient, resiper)

5. Effect( dengan efek apa) Efek kokgnitif, efectif, opinionnatif behafioran

Komunikator

Fungsungnya Orang yang menyampaikan suatu pesan kepada orang lain

Wilbur Schramm

pesan komunikasi, gagasan, atau pesan.

  1. Pesan Proses komunikasi saling kait mengait secara ketat (tidak dapat dipisahkan)
  2. Media saluran untuk melangsungkan suatu pesan dari komunikator itu
    1. Media Primer; Bahasa, gestur,
    2. Media Skunder; warna, sarana untuk menueruskan kepada komunikan
  3. Efect
    1. Kognitif; tidak tahu menjadi tahu, tidak suka menjadi suka
    2. Afective; tidak setuju menjadi setuju
    3. Efect opinion berpandangan sempit menjadi luas
    4. Behafioral malas menjadi rajin, ingkar menjadi patuh

Jenis-Jenis Komunikasi

  1. komunikasi tatap muka adalah komunikasi yang berlangsung saling beradapan muka antara komunikator dengan komunikan.
    1. Upan balik positif: komunikator dapat bertahan dengan pendapatnya semula
    2. Umpan balik negative: komunikator yang gayanya sudah berubah (sikapnya sudah tidak terkendali)

· Pesan hendaknya di rancang sedemikian rupa sehingga menarik komunikan

· Pesan hendaknya menggunakan isyarat- yang tertuju kepada pengalaman yang sama antara komunikato dengan komunikn sehingga sama-sama mengerti

· Pesan hendakan berkaitan dengan kebutuhan komunikan

· Pesan hendaknya selarans dengan komunikasi kelompok dimana komunikan menjadi angotanya

1. Komunilkasi personal

a. Berlangsung 2 arah timbale balik

b. Tialogis

c. Umpan balik yang berlangsung seketika

d. Kerangka refrensi komunika dapat diketahui secara langsung

2. Komunikasi anter kelompok dibagi 2

a. Kelompok kecil

i. Berlangsung 2 arah timbale balik

ii. Komunikasi bersifat humogen

iii. Rasional

iv. Situasi komunikan dapat diubah ke komunikasi antar personal

b. Kelompok besar

i. Berlangsung satu arah

ii. Bersifat hetrogen (jenis kelamin berbeda, budaya berbeda)

iii. Komunikan bersifat emosional

iv. Menimbulkan wabah mental

Komunikasi Bermedia

Sarana komunikan dalam jumlah banyak

Dibagi 2

  1. Komunikasi Media Massa (Komunikasi Massa) Termasuk pers, radio, televise, filem di bioskop.
    cirri-ciri
    1. Komunikator komunikasi media massa bersifat berlembaga
      Pembredelan Majalah. (komunikator berdiri diatas lembaganya)
    2. Pesan Komunikasi bersifat umum.
    3. Media komunikasi masa menimbulkan keserempakkan bahkan pada media tertentu.
    4. Komunikan Komunikasi massa bersifat heterogen.
      Komunikasi massa bersifat anonym, tidak dikenal oleh komunikator
    5. Efeek komunikasi massa bersifat cognitive, affective, opinionative, behavioral
    6. Proses Komunikasi Massa bersifat satu arah
  2. Komunikasi medio adalah yang dilanncakan melalui media yang bukan media massa. Kadang-kadang disebut Komunikasi nirmassa (surat, fax)

Tehnik-tehnik Komunikasi

Ada 3

  1. Tehnik Komunikasi Informatif yang memberikan berita kepada konsumen
  2. Tehnik Komunikasi Pesuasif adalah membujuk agar apa yang diinginkan tercapai
  3. Tehnik Komunikasi koersif adalah lawan dari persuasive yaitu memaksa dan mengambil sanksi

Komunikasi Manajemen

Komunikasi manusia meliputi beberap abiding salah satu adalah komunikasi manajemen, komunikasi politik, budaya, pembangunan, internasional

Komunikasi Manajemen Adalah Istilah komunikasi dalam bidang manajemen yang didalamnya terdapat organisasi

Manajemen Puncak (admistrator) --- tidak berkomunikasi dengan karyawan

Mencakup 3 dimensi

  1. Vertikal à berlangsung dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Jadi pimpinan memberikan informasi intruksi petunjuk penjelasan dll pad abawahannhya, sementara bawahan memberikan laporan, saran, dll kepada atasan.
  2. Horisontalà komunikasi yang kedudukannya setara dan biasanya bersifat Informal
  3. Eksternalà komunikasi antara manajer dengan orang-orang diluar komunikasi
    John Harry Window (johsep Luft dan Harry Lngham))

Know

Unknown

I

Open Area

II

Blind Area

Public

III

Hidden Area

IV

Unknown Area

Private

Prilaku Manusia dalam bentuk Skema

  1. Open Area à Menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan seseorang disadari sepenuhnya oleh seseorang dan diketahui pula oleh orang lain.
  2. Blind Area à menggambarkan bahwa orang lain mengetahui perbuatan seseorang tetapi dia sendiri tidak menyadarinya
  3. Hedden Area à menunjukkan seseorang menyadari sepenuhnya apa yang ia lakukan tetapi orang lain tidak mengetahuinya
  4. Unknown Area à Ini menujukkn tingkahlaku seseorang tidak diasadari oleh dirinya sendiri dan tidak disadari oleh orang lain

Integritas Koordianasi dan sinkronisasi (KIS)

Integrasi à memadukan bagian-bagian sehingga menjadi suatu kegiata yang utuh

Koordinasi à kegiatan membuat orang-orang yang terlibat dalam organisasi berinteraksi secara harmonis

Sinkronisasi à kegiatan melaksanakan semua kegiatan atara sastu dengan yang lainnya sesuai waktunya dan setiap pekerjaan dapat terlaksasna tepat pada waktunya.

Synchoronos (persamaan waktunya)

Definisi Sistem Informasi Manajemen

Definisi dari Robert G. Murdick dan Joel E. Ross

Dengan buku “Information System for modern Manajement”.

SIM adalah proses komunikasi diman infrormasi masukkan (input) direka disimpan dan diperoleh kembali (Proses) bagi keputusan (output) mengenai perencanaan pengoprasian dan pengawasan

Joseph F. Kelly dengan buku “Computer Management Information System”
menurunya SIM adalah perpadauan sumber manusia dan sumber yang berlandaskan computer yang menghasilkan kumpulan penyimpanan perolehan kembali komunikasi dan penggunaan data untuk tujuan operasi manajement yang efisien dan bagi perencanaan bisnis.

Gordon B. Davis dengan buku “Management Information Sistem”, menyatakan SIM adalah Sistem Manusia atau mesin yang tertpadukan untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

Drs. Soetedjoo Moeljodihardjo “management Information system”

Sim adalah suatu metode untuk menghasilkan informasi tepat waktu bagi manajemen tentang eksternal environment dan internal operation dari suatu bidang usaha dengan tujuan untuk menjunjang pengambilan keputusan dan memperbaiki planning serta control

Drs. Komarudin “Ensiklopedia management”

SIM adalah pendekatan yang terorganisasi dan terencana untuk memberi eksekutif batuan informasi yang tepat yang memberi kemudahan bagi proses manajemen

  1. Analisa mengenai pelaksanaan mengenai pelaksanaan organisasi yang dibandingkan dengan informasi yang terlengkap mengenai saingan-saingannya.
  2. Penggunaan Ramalan-ramalan ekonomis atau model-model ekonometrik untuk menetapkan kondisi organisasi yang serupa yang akan ditemukan dimasa yang akan dating
  3. Penggunaan model Input Output
  4. tanda-tanda yang lebih cepat mengenai perubahan-perubahan pelaksanaan dari rencana sehingga perbaikan dapat dilakkukan sebelum penyimpangan hebat terjadi

Robert Holmes menyatakan bahwa Sim adalah suatu system yang dirancang untuk menyajikan informasi pilihan yang berorientasi pada keputusan yang diperlukan oleh manajemen guna merencanakan mengawasi dan menilai aktifitas organisasi.

  1. Sim Untuk perencanaan strategi kebijakan dan pengambilan keputusan
  2. Sim Untuk perencanaan taktik dan pengambilan keputusan
  3. Sim Untuk perencanaan operasi-operasi dan pengambilan keputusan serta pengawasan
  4. Sim Untuk proses transaksi tanggapan terhadap pemeriksaan

Komputerisasi Sistem Informasi Dari masa ke masa

Perkembangan computer

  1. Zaman Manual
  2. Zaman Mekanik
  3. Zaman Mekanik Elektronik
  4. Zaman Elektronik

Generasi

Sistem Kerja Komputer
ada 3 kegiatan

  1. Pengumpulan data (Input)
  2. Pengolahan data (Processing)
  3. Penyajian Informasi hasil pengolahan (Output)

Kegiatan yang dilakukan berulang-ulang dinamakan data processing

Data Processing dnegan menggunakan computer dinamakan EDP

Tiga spek dasar dalam pengolahan data secara elektronik dengan mesin computer

  1. Hardware (peralatan) semua peralatan yang diperlukan untuk mengoperasikan suatu system computer
  2. Software (Prosedure) adalah semua asset dari system pengolahan data diluar mesin computer dan peralatan lainnya termasuk hardware.
    intntinya ada 2

    1. System disain menyangkut beberapa hal

i. Jenis data yang akan diolah

ii. Jaringan pengolahan data

iii. Jenis informasi yang akan dihasilkan dll

    1. Program
      terdiri dari 3 hal

i. User Program à berasal dari programmer

ii. Operating system à Program yang membantu pelasanaan user

iii. Prosedur Lainnya à standar yang digunakan dan peraturan lainnya

  1. Brainware (Liveware) aspek manusia untuk menangani proses komputerisasi.
    ada pekerjaan yang
    1. Data Procesing manager à pemimpin unit yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses berlangsungnya pekerjaan.
    2. Sistem Analys à sekelompok orang yang mempunyai keahlian khusus dalam mengembangkan system informasi dan menerapkannya dalam organisasi dimana ia bekerja
    3. Programer adalah sekelompok orang yang melakukan kegiatanya dalam bentuk penyusunan program untuk disampaikan kepada mesin computer
    4. Mesin Operator (komuter operator) adalah orang yang menggarap langsung pengolahan data dan juga menangani mesin mesin computer berserta komponen-komponennya
    5. Data Entry Operator à mengurus data yang akan diolah

Klasifikasi computer

Dibagi 2

  1. Jenis data yang diolah, dibagi 3
    1. Digital Komputer à SIM computer yang diciptakaan untuk pengolahan data yang bersifat kulitatif dalam bentuk angka hurup tanda baca dl
      contoh: Untuk menghitung penjualan dan biaya
    2. Analog Komputer à Jenis computer yang dibuat secara kualitatif untuk mengukur variable-variabel seperti voltase, kecepatan suara, gunung berapi, gempa, resistasi suara dll
    3. Hybrid Komputer à gabungan dari digital dan analog computer
  2. Menurut tujuannya, ada 2
    1. Spesial Pupose computer à computer segaja di buat untuk memcahkan satu jenis masalah
    2. General Perpose computer à computer segaja di buat untuk memecahkan masalah

Proses Kerja Komputer

  1. Unit yang membaca data (Unput unit) à Alat yang merubah data mentah agar dapat dibaca oleh computer disebut dangan Input Device, ini dapat berbentuk magnetic disk/Magnetik tape/Card Rider/Optical Character Disk
  2. Unit yang mengolah data (Processing unit) ada 3 unsur penting
    1. Primary Storage
    2. Aritmatic logic
    3. Control Unit
  3. Unit yang merekam/mengeluarakan hasi pengolahan (output Unit)à hasil processing yang disajikan oleh suatu alat disebut dengan Output Device, yang berbentuk print out

Kesimpulan

Suatu system Komputer merupakan pengolahan data yang meliputi tahap-tahap sebagi berikut:

  1. Penyiapan data
  2. Pembacaan data
  3. Manipulasi Data
  4. Penyimpanan data
  5. Penyajian Informasi

Komputerisasi di Indonesia

Indonesia mengenal kom 1956à bank Indonesia membeli sebuah merek computer bernama UNIVAC system 1004

1964 à TNI AD membeli sebuah perangkat computer IBM dengan system 1401

ITB menggunakan computer pertama kali merek IBM dengan system sama

1973 à Jumlah dan unit computer yang ada baru 23 unit di setipa perusahaan

1974 à bertambah 29 unit

1975 à 41 Unit

1977 à tercatat 72 unit computer tersebar di-13 kota di Indonesia

11 lembaga pemerintah yang menggunakan lebih dari 1 unit computer yang paling banyak menggunakan adalah pertamina, pu, pln.dep keu,bi, garuda , pupuk sriwijaya, telkom, bumi putra, jiwa sraya, semen gersik

1967à 4 perguruan tinggi yng menggunakan computer jenis IBM system 370

ITB, UI, IKIP MALANG, U. HASANUDIN

Beberapa Alternatif Komputerisasi

  1. Memiliki sendiri
  2. Menyewa
  3. mengadakan bagi waktu/time sharing
  4. Membeli Jasa Pusat data

PENGAMBILAN KEPITUSAN

Adalah suatu proses pemikiran dalm rangka memecahkan suatu masalah untuk memperoleh hasil akhir guna dilaksanakan.

Efektif keberasilan mencapi tujuan sesuai dengan biaya, waktu dan tenaga manusia yang sudah ditetapkan

Efisien keberasilan mencapai tujuan dengan biaya dan waktu atau tenaga manusia kurang dari pada yang telah ditetapkan

Dr. Sondang

Semakin tinggi kegemukan seseorang dalam seuatu organisasi maka semakin banyak pula manjerial skil dan semakin kurang membutuhkan tehnikal skil oleh karena semakin kurang keterlibatannya dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat operasional

Semakin Luas keterampilan manajerial seorang manajer makan semakin banyak yang harus diketahui olehnya tentang aspek-aspek manajemen. Aspek manajemen itu meliputi berbagai factor internal organisasi dan berbagai factor eksternal organisasi

Dinamika Individu koreksi kepada para ku

Dinamika Kelompok

Floyd D. Ruch buku “Physiologi and life”

Mengatakan dinamika kelompok adalah analisa dari pada relasi-relasi kelompok social berdasarkan prinsip bahwa tingkah laku dalam kelompok tersebut adalah hasil interaksi yang Dianamis antara individu-individu dalam situasi social

Contoh: dalam suatu perusahaan sudah dibagi tugas-tugas dan stuktur-strukturnya.

Morgan and King

“Introduction to physiology” “dyad”à kelompok yang terdiri dari 2 orang
dia menyatakan dinamika kelompok sangat dipengaruhi jumlah anggota individu kelompok

Dinamika Lingkungan

Adalah situasi kondisi dan factor-faktor yang berkaitang dengan suatu keputusan.

Jenis-jenis Keputusan

Keputusan di klasifikasi 2

  1. keputusan berdasarkan stuktur organisasi

Jenjang puncak berada di tangan top manajer yang berfungsi sebagai admistrator.

Dibawah manajer puncak terdapat manajer eksekutif / pelaksana yang bertugas mengkoordiansikan pekerjaan yang dilakukan manajer operatif/operasi.

Dibawah manajer operati ada mandor / suvervisor yang bertugas mengamati jalannya pekerjaan secara teknis yang dilakukan para pekerja. Berdasarkan stuktur organisasi tsb keputusan

    1. keputusan administrative adalah yang diambil oleh seorang administrator atau manajer puncak sebagai pucuk/puncak pimpinnan organisasi kekaryaan sebagai landasan kebijakan bagi bawahan
    2. Keputusan eksekutif adalah keputusan yang diambil oleh manjer eksekutif, kedudukan manajer eksekutif berada di antara manajer puncak dan manajer operatif. Fungsi sebagai kordianator para manajer eksekuti
    3. Keputusan operati adalah keputusan yang diambil oleh manajer operatif dalam rangka pelaksanaan gagasan ,arahan dan panduan manajer eksekutif
    4. Keputusan teknis adalah keputusan yang biasanya diambil oleh suver visior atau mandor.
  1. Keputusan berdasaarkan kondisi dan situasi, dibagi 6
    1. Kemputusan menurut system dibagi menadi

i. Sifat tertutup à orang lain tidak boleh tahu

ii. Sifat terbuka à semua orang boleh tahu

    1. Menutrut urgensi

i. Vital adalah keputusan yang penting menentukan berhasil tidaknya perusahaan

ii. Penting à untuk menghidari kerugian, baik unang tenaga dan waktu

iii. Biasa à keputsan yang tidak mendesak dan dapat di tunda untuk sementara waktu

iv. Formalitas à keputusan yang formalitas saja tidak menimbulkan apa-apa

    1. Efek dibagi 5

i. Keputusan manajerial adalah keputasan yang berhubungan dengan pengelolaan suatu pekerjaan.

ii. Keputusan teknis adalah keputusan yang diambil untuk menanggulangi masalah-masalah teknis

iii. Keputusan ekonomis adalah keputsan yung mempunyai efek ekoomis untuk mengakhiri masalah-masalah ekonomis

iv. Kep Yurudis adalah keputusan yang bersifat yuridis dan mempunayi efek yuridis

v. Keputusan politis adalh keputusan yang mempunyai efek politis yang dapt berpengaruh pada perintah politis

    1. Daya laku, tergantung pada keadaannya

i. Keputusan definitive adalh keputusan yang pasti dan final tidak perlu ditinjau kembali

ii. Keputusan sementara adalah keputusan yang dapat ditinjau kembali

iii. Keputusan Daulat adalah keputusan yang diambil karena keadaan terpaksa

    1. Frekuensi dibagi 2

i. Incidental adalah keputusan yang diambil secara tiba-tiba atau sewaktu-waktu akibat situasi menghendaki demikian

ii. Keputusan rutin keputusan yang dilakukan berulang-ulang secara tetap

    1. Kemampuan organisasi

i. Keputusan terprogram adalah suatu keputusan dimana dapat dikhususkan dengan suatu perangkat aturan atau tata cara keputusan jenis ini dapat dibantu dengan computer

ii. Keputusan takberprogram adalah keputusan yang hanya berlangsu satu kali atau berulang kai yang setiap kali berubah apabila dikehendaki

Langkah-langkah dalam mengambil keputusan

Sebuah model terkenal mengenai proses pengambilan keputusan diperkenalkan oleh Harbert A simon

  1. Intelegensia à menyelidiki lingkungan bagi kondisi dalam mengambil keputusan
  2. rancanganà menemukan mengembangkan dan menganalisa kegiatan-kegiatan yang mungkin dilakukan
  3. pilihan à memilih suatu cara kegiatan khusus dari cara-cara yang telah diperoleh

Tidak ada komentar: